Rozy, Fianico Sukmana (2020) Artikel: Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Dalam Memahami Recount Teks Menggunakan Teknik “Summarizing” Pada Siswa Kelas X - 7 Sma Negeri 17 Surabaya. Mitra Pendidikan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1). ISSN 2774-7360
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MEMAHAMI RECOUNT TEKS MENGGUNAKAN TEKNIK “SUMMARIZING” PADA SISWA KELAS X - 7 SMA NEGERI 17 SURABAYA.pdf - Published Version
Download (480kB)
Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan dan keharusan di era komunikasi dan globalisasi sekarang ini, akan tetapi pembelajaran yang ada sekarang ternyata masih menghasilkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Fenomena ini terjadi dikarenakan proses pembelajaran siswa yang sangat pasif. Sehingga memunculnya rasa tidak percaya diri kepada Siswa. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Membangun suasana belajar yang lebih bermakna dengan menjadikan siswa lebih terlibat adalah sebuah inovasi belajar yang terus dikembangkan, salah satu cara membangun suasana belajar bermakna ini adalah dengan menggunakan teknik “Summarizing” untuk memahami Recount Teks. Sehingga Penelitian ini memiliki tujuan ingin mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca dalam memahami recount teks menggunakan teknik Summarizing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil analisis data pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa teknik “Summarizing” dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Teknik “Summarizing” juga mampu membuat siswa untuk lebih termotivasi membaca dengan tujuan dapat memahami isi bacaan dan yang terahir adalah siswa lebih terampil dalam pemilihan kata – kata yang akan digunakan untuk merangkum isi bacaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:26 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:26 |
URI: | https://eprints.unipra.ac.id/id/eprint/89 |