Artikel_Fitria H_Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas II SD Negeri Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

Hidayati, Fitria (2024) Artikel_Fitria H_Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas II SD Negeri Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Jurnal Wahana Pendidikan Dasar, 10 (1). ISSN ISSN : 2303-2685 (MediaOnline)

[thumbnail of Artikel_Fitria H_Penggunaan Media Kartu Kata-Mojokerto.pdf] Text
Artikel_Fitria H_Penggunaan Media Kartu Kata-Mojokerto.pdf - Published Version

Download (773kB)

Abstract

Penggunaan strategi dan media yang tepat akan sangat membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Guru sebaiknya menguasai berbagai macam strategi pembelajaran terutama jika mengajar di kelas II yang termasuk kategori kelas rendah dimana taraf berfikirnya masih konkrit sehingga diharapkan guru mampu mengembangkan kreatifitas untuk menyesuaikan strategi dan jenis media pembelajaran dengan tepat. Kecenderungan yang sering terjadi pada siswa kelas II adalah siswa kurang berminat dan gaduh, jika strategi dan media yang digunakan saat pembelajaran tidak tepat. Minat belajar dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi wujud benda dan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Media yang digunakan adalah kartu kata bergambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojorkerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas melalui dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 50% dengan persentase aktifitas mengajar guru 81,88%. Hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai 100% dengan persentase aktifitas mengajar guru 86,88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD Negeri Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:34
Last Modified: 24 Jul 2024 02:34
URI: https://eprints.unipra.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item
View Item