Artikel: Fahlevi, Rizal: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR 1 KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN

Fahlevi, Rizal Artikel: Fahlevi, Rizal: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR 1 KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN. Jurnal Wahana Pendidikan Dasar. ISSN ISSN : 2303-2685 (MediaOnline)

[thumbnail of artikel rizal pahlevi_hasil belajar SAVI.pdf] Text
artikel rizal pahlevi_hasil belajar SAVI.pdf

Download (643kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa kelas IV SDN Karanganyar 1 Modung Kabupaten Bangkalan adalah kurangnya pemahaman materi IPA, sehingga melalui penelitian ini di rumuskan masalah apakah ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan pendekatan SAVI pada siswa kelas IV SDN Karanganyar 1 Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 siswa dengan kondisi tingkat kemampuan dan daya serap bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan SAVI yang mencakup tindakan dengan teknik Somatis (belajar dengan aktivitas fisik), Auditori (belajar dengan mendengar dan berbicara), Visual (belajar dengan melihat), dan Intelektual (belajar dengan berpikir dan membayangkan). Prosedur mengacu pada prosedur penelitian tindakan kelas dalam siklus, dimana tiap siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan diakhiri dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga pada siklus pertama mencapai hasil 73,3%, pada siklus kedua meningkat menjadi 86,6%, serta tuntas 100% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA karena pendekatan SAVI menciptakan pembelajaran dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua Indera. Karena unsur-unsur ini terpadu, terciptalah kondisi belajar yang paling baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:15
Last Modified: 08 Jul 2024 05:15
URI: https://eprints.unipra.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item
View Item