|
UNIVERSITAS
WR. SUPRATMAN FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN DASAR |
Kode Dokumen |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata
Kuliah: |
Kode: |
Rumpun MK |
Bobot/Waktu |
Semester |
Tgl. Pengesahan |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahasa Indonesia |
KU-1103 |
Mata Kuliah Umum |
2 SKS/100 Menit |
1 |
26 Agustus 2021 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Otorisasi |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator Rumpun Mata Kuliah |
Ka. Prodi |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Dr. Kurniasari,
M.Pd |
Dr. Kurniasari,
M.Pd |
Dr. Kurniasari,
M.Pd |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran |
CPL-Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPK 1 |
: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa (CPL 4) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CPK 2 |
: Menguasai prinsip dan teori sesuai dengan prodi (CPL11) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CPK 3 |
: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya (CPL 18) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CPK 4 |
: Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (CPL 19) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CMPK 1 |
: Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air dengan berbahasa Indonesia yang baik. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CMPK 2 |
: Mampu menguasai prinsip dan teori berbahasa sesuai dengan bidang pada prodi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CMPK 3 |
: Mampu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan bidang prodi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
CMPK 4 |
: Mampu menunjukan kemampuan berbahasa Indonesia dengan benar sesuai dengan prodi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Kemampuan
akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CMPK1 |
: Mampu menjelaskan fungsi dan ragam bahasa |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CMPK2 |
: Mampu menjelaskan tata bahasa Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CMPK3 |
: Mampu memahami
penulisan kalimat dalam bahasa Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CMPK4 |
: Mampu menjelaskan penulisan paragraf yang baik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CMPK5 |
: Mampu menjelaskan penulisan yang baik dalam korespondensi
sesuai dengan prodi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CMPK6 |
: Mampu menjelaskan penulisan karya ilmiah |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Korelasi CPMK
terhadap Sub-CPMK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Deskripsi
Singkat MK |
Mata kuliah ini berisi kajian
tentang fungsi dan ragam bahasa Indonesia, tata kata bahasa Indonesia, tata
kalimat bahasa Indonesia, dan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia, serta
proses menulis. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahan Kajian:
Materi Pembelajaran |
1. Fungsi dan Ragam Bahasa 2. Pembentukan dan Pemilihan Kata 3. Pelafalan 4. Pembentukan Frasa dan Struktur Kalimat 5. Kalimat Efektif 6. Paragraf 7. Tata Persuratan 8. Surat Resmi 9. Surat Perjanjian dan Keputusan 10. Surat Kuasa dan Surat Tugas 11. Karya Ilmiah 12. Catatan dan Daftar Pustaka 13. Tabel dan Grafik |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pustaka |
1.
Mirnawati, dkk. 2018. Bahasa Indonesia bagi
Perguruan Tinggi . Aksara Timur 2. Tiyatna, Slamet. 2018. Korespondensi Bahasa Indoensia. Media
Tera 3. Samidah, dkk. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Rosdakarya 4. Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dosen
Pengampu |
: Dr. Kurniasari,
M.Pd |
Mata Kuliah
Syarat |
: - |
Mgg Ke |
Sub-CPMK |
Penilaian |
Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan |
Pustaka |
Bobot Penilaian (%) |
||
Indikator |
Kriteria & Teknik |
Luring |
Daring |
||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1,2 |
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan fungsi bahasa dan ragam bahasa |
1. Ketepatan dalam memahami silabus Bahasa Indonesia 2. Ketepatan dalam menjelaskan fungsi bahasa 3. Ketepatan dalam menjelaskan ragam bahasa. 4. Ketepatan dalam menjelaskan penggunaan ejaan
|
Kriteria: Penilaian Proses Teknik Non Test: menjawab pertanyaan tentang ejaan |
Kuliah: Tatap muka Presentasi dan Diskusi: sesuai dg materi Tugas 1: Mengunduh artikel ilmiah atau popular sesuai dengan prodi |
e-learning Unipra |
Buku 1 sd 4 |
20 % |
3, 4,5 |
Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan tata bahasa Indonesia |
1. Ketepatan dalam menjelaskan pemilihan kata 2. Ketepatan dalam menjelaskan pelafalan 3. Ketepatan dalam menjelaskan pembentukan frasa 4. Ketepatan dalam menjelaskan struktur kalimat |
Kriteria: Unjuk Kerja Teknik Non Test: |
Kuliah: Tatap muka Presentasi dan Diskusi: sesuai dg materi Tugas 2: Menganalisis istilah asing sesuai dengan prodi |
e-learning Unipra |
Buku 1 sd 4 |
20% |
6,7 |
Sub-CPMK3: Mampu memahami penulisan kalimat dalam bahasa Indonesia |
1. Ketepatan dalam menyusun kalimat efektif 2. Ketepatan dalam menganalisis sebuah paragraf 3. Ketepatan dalam menyusun ssebuah paragraf. |
Kriteria: Pedoman Penskoran Teknik Non Test: Ringkasan Materi |
Kuliah: Tatap muka Presentasi dan Diskusi: sesuai dg materi |
e-learning Unipra |
Buku 1 sd 4 |
10% |
8 |
ETS (Evaluasi Tengah Semester) : melakukan validasi penilaian dan evaluasi untuk perbaikan pembelajaran berikutnya |
||||||
9,10 |
Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan tata persuratan resmi |
1. Ketepatan dalam mendeskripsikan pengertian dan manfaat dari tata persuratan resmi 2. Ketepatan dalam menjelaskan tentang penyusunan surat undangan 3. Ketepatan dalam mendeskripsikan penyusunan surat keterangan 4. Ketepatan dalam mendeskripsikan penyusunan surat pernyataan |
Kriteria: Penilaian Proses Teknik Non Test: Meringkas Materi |
Kuliah: Tatap muka Presentasi dan Diskusi: sesuai dg materi |
e-learning Unipra |
Buku 1 sd 4 |
10% |
11, 12Penu |
Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan penulisan yang baik dalam korespondensi sesuai dengan prodi |
1. Ketepatan dalam mendeskripsikan korespondensi 2. Ketepatan dalam menjelaskan tata persuratan perjanjian dan keputusan 3. Ketepatan dalam menjelaskan surat kuasa dan tugas |
Kriteria: Unjuk Kerja Teknik Non Test: Menyusun Surat |
Kuliah: Tatap muka Presentasi dan Diskusi: sesuai dg materi Tugas 3: Menyusun dan Menulis Surat. |
e-learning Unipra |
Buku 1 sd 4 |
30% |
13, 14, 15 |
Sub-CPMK6: Mampu menjelaskan penulisan karya ilmiah |
1. Ketepatan dalam mendeskripsikan ragam Karya Ilmiah dan tata penulisan 2. Ketepatan dalam mendeskripsikan penulisan catatan Pustaka dan daftar Pustaka 3. Ketepatan dalam mendeskripsikan penyusunan tabel dan Grafik |
Kriteria: Pedoman Penskoran Teknik Non Test: Kemampuan menjawab pertanyaan |
Kuliah: Tatap muka Presentasi dan Diskusi: sesuai dg materi |
e-learning Unipra |
Buku 1 sd 4 |
10% |
16 |
EAS (Evaluasi Akhir Semester) : melakukan validasi penilaian akhir dan evaluasi untuk kelulusan mahasiswa |